Rini Sulastri. TESIS; Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK)
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah terhadap Hasil Kerja
Siswa SMP menyelesaikan Soal PISA
Tabel 3.1 Pedoman Rubrik Penilaian Hasil
Kerja Siswa dan Mahasiswa
Aspek Analisis
|
Skala 4
|
Skala 3
|
Skala 2
|
Skala 1
|
Ketepatan penggunaan konsep
matematika
|
Penggunaan konsep matematika
tepat dan sesuai dengan keseluruhan permasalahan pada soal
|
Penggunaan konsep matematika
tepat, namun kurang sesuai dengan sebagian kecil permasalahan pada soal
|
Penggunaan konsep matematika
kurang tepat, namun sesuai dengan permasalahan pada soal
|
Penggunaan konsep matematika
kurang tepat dan tidak sesuai dengan permasalahan pada soal
|
Ketepatan perhitungan
|
Seluruh jawaban benar, rinci,
dan terurut
|
Seluruh jawaban benar, namun
tidak rinci dan tidak terurut
|
Sebagian besar jawaban benar,
namun kurang rinci dan tidak terurut
|
Sebagian kecil jawaban benar,
kurang rinci dan tidak terurut
|
Mengidentifikasi
langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan pada soal
|
Mampu mengidentifikasi dengan
tepat setiap langkah penyelesaian permasalahan pada soal
|
Mampu mengidentifikasi dengan
tepat sebagian besar langkah penyelesaian permasalahan pada soal
|
Mampu mengidentifikasi dengan
tepat sebagian kecil langkah penyelesaian permasalahan pada soal
|
Hanya mengidentifikasi
diketahui atau ditanya atau sebagian proses penyelesaian atau hanya hasil akhir saja
|
Mengemukakan alasan atau
gagasan
|
Menuliskan semua alasan atau
gagasan dari awal langkah-langkah penyelesaian soal sampai akhir
|
Menuliskan sebagian besar
alasan atau gagasan dari langkah-langkah penyelesaian soal
|
Menuliskan sebagian kecil
alasan atau gagasan dari langkah-langkah penyelesaian soal
|
Tidak menuliskan alasan atau
gagasan dari langkah-langkah penyelesaian soal, atau hanya menuliskan gagasan
akhir secara singkat
|
No comments:
Post a Comment