Friday, October 31, 2014

Rubrik Penilaian Hasil Kerja Siswa Menyelesaikan Soal PISA


Rini Sulastri. TESIS; Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah terhadap Hasil Kerja Siswa SMP menyelesaikan Soal PISA

Tabel 3.1  Pedoman Rubrik Penilaian Hasil Kerja Siswa dan Mahasiswa
Aspek Analisis
Skala 4
Skala 3
Skala 2
Skala 1
Ketepatan penggunaan konsep matematika
Penggunaan konsep matematika tepat dan sesuai dengan keseluruhan permasalahan pada soal
Penggunaan konsep matematika tepat, namun kurang sesuai dengan sebagian kecil permasalahan pada soal
Penggunaan konsep matematika kurang tepat, namun sesuai dengan permasalahan pada soal
Penggunaan konsep matematika kurang tepat dan tidak sesuai dengan permasalahan pada soal
Ketepatan perhitungan
Seluruh jawaban benar, rinci, dan terurut
Seluruh jawaban benar, namun tidak rinci dan tidak terurut
Sebagian besar jawaban benar, namun kurang rinci dan tidak terurut
Sebagian kecil jawaban benar, kurang rinci dan tidak terurut
Mengidentifikasi langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan pada soal
Mampu mengidentifikasi dengan tepat setiap langkah penyelesaian permasalahan pada soal
Mampu mengidentifikasi dengan tepat sebagian besar langkah penyelesaian permasalahan pada soal
Mampu mengidentifikasi dengan tepat sebagian kecil langkah penyelesaian permasalahan pada soal
Hanya mengidentifikasi diketahui atau ditanya atau sebagian proses penyelesaian  atau hanya hasil akhir saja


Mengemukakan alasan atau gagasan
Menuliskan semua alasan atau gagasan dari awal langkah-langkah penyelesaian soal sampai akhir
Menuliskan sebagian besar alasan atau gagasan dari langkah-langkah penyelesaian soal
Menuliskan sebagian kecil alasan atau gagasan dari langkah-langkah penyelesaian soal
Tidak menuliskan alasan atau gagasan dari langkah-langkah penyelesaian soal, atau hanya menuliskan gagasan akhir secara singkat

No comments:

Post a Comment